Thursday, May 6, 2021

Tips Paling Mudah dan Cepat Bikin Catatan Keuangan Pribadi

Catatan keuangan pribadi bisa membantu Anda mengetahui berapa jumlah uang Anda yang tersisa setiap bulannya. Catatan keuangan tersebut juga bisa memperlihatkan ketika Anda harus mengalami keadaan  besar pasak daripada tiang. Setidaknya, saat Anda tahu pada bulan ini pengeluaran sedang membengkak, Anda bisa sedini mungkin menyikapinya. Daripada Anda terus menyalahkan diri sendiri mengapa uang bisa habis tiba tiba. Untuk itu, mulailah belajar membuat catatan keuangan pribadi. Caranya cukup mudah dan dijamin tak membuat pusing kepala. Nah untuk Anda yang mempunyai bisnis online dan menggunakan jasa expedisi JNE sekarang bisa cek ongkir JNE melalui aplikasi bukuwarung.



Membuat Spreadsheet

Istilah spreadsheet akan Anda jumpai ketika Anda membuka microsoft excel. Aplikasi yang memperlihatkan tabel tabel itu bisa Anda andalkan untuk membuat catatan keuangan pribadi. Anda bisa membuka aplikasi microsoft excel dan pilih buat spreadsheet. Setelah itu, Anda bisa membagi menjadi beberapa bagian seperti aset, liabilities, dan arus kas. Anda pun juga jangan lupa membuat bagian yang berisikan tentang perhitungan harta bersih. Tak perlu menghitung secara manual, Anda bisa memanfaatkan rumus dalam excel.

Menulis Daftar Aset

Jika pembuatan bagian bagian pada spreadsheet sudah selesai, Anda bisa memulai dengan menuliskan daftar aset yang dimiliki mulai dari aset kas, aset berwujud, aset tak berwujud, aset cair, aset pendapatan tetap dan aset ekuitas. Pastikan jangan sampai ada yang terlewat satupun. Anda pun juga wajib menambahkan nilai dari aset yang telah dituliskan. Misalnya, jika Anda memiliki rekening di bank, Anda bisa menuliskan saldo rekening. Dengan begitu, jumlah seluruh aset akan segera terlihat.

Menulis Daftar Hutang

Pada spreadsheet catatan keuangan, Anda tak hanya diminta untuk membuat kolom tentang daftar aset beserta nilainya. Pada bagian lain, Anda juga wajib menuliskan daftar liabilities yang sedang berada dalam tanggungjawab Anda. Tentunya, daftar hutang dikatakan wajib apabila Anda memang memilikinya. Tetapi, jika Anda tak merasa punya hutang yang wajib dibayar, Anda bisa melewatkan bagian tersebut. Atau tetap membuat, hanya kolom diisikan dengan nominal 0. Daftar liabities yang sebaiknya dicantumkan adalah cicilan rumah, cicilan mobil, hutang di bank, cicilan kartu kredit dan lain lain. Jangan lupa cantumkan nominal hutangnya.

Menghitung Net Worth

Apabila daftar aset beserta nilai sudah dibuat dan daftar liabilities beserta nominal juga sudah selesai. Anda bisa langsung menghitung total aset maupun total liabilities. Untuk mempersingkat perhitungan, Anda bisa memanfaatkan rumus rumus excel yang sudah tersedia. Walaupun jumlah asetnya tak dapat dihitung dengan jari, tetapi perhitungannya tak memakan waktu lama. Jika total kedua bagian sudah selesai, Anda tinggal mengurangi total aset dengan total liabilities, maka harta kekayaan bersih bisa segera diketahui.

Menghitung Arus Kas

Ketika membuat catatan keuangan pribadi, arus kas menjadi bagian yang tak boleh juga dilewatkan. Anda bisa membuat arus kas di bagian lain. Pada arus kas, Anda bisa menuliskan segala macam bentuk pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya. Sehingga Anda bisa tahu apakah keuangan Anda bisa memilih tabungan ataukah malah defisit setiap bulannya.

Jika Anda merasa ribet dan pusing membuat spreadsheet untuk catatan keuangan pribadi. Belum lagi saat Anda tak paham juga dengan aplikasi excel, Anda tak perlu memutuskan untuk tidak jadi membuat catatan keuangan pribadi. Anda bisa tetap memilikinya dengan memanfaatkan aplikasi buku warung yang kini bisa diunduh di playstore. Hanya perlu menyiapkan data seperti aset, daftar hutang dan sumber penghasilan, buku warung akan siap menghitungkan catatan keuangan Anda dengan cepat tanpa waktu lama. Selamat mencoba!

Deskripsi: catatan keuangan cukup mudah membuatnya hanya dengan memanfaatkan microsoft excel atau tinggal download aplikasi buku warung.

0 comments:

Post a Comment